Translete di sini
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, December 25, 2010

Protista Menyerupai Jamur

Protista mirip jamur tidak dimasukkan kedalam Kingdom Fungi karena struktur tubuh dan reproduksinya berbeda. Protista mirip jamur merupakan jamur predator yang menyerupai amoeba dan berlendir dan juga jamur parasit yang hidup di air sebagai pengurai bersel satu. Protista menyerupai Jamur dapat menghasilkan spora yang terdiri dari Jamur air (oomycota) dan jamur lendir (myxomycota).

A. Jamur Air (Oomycota)
Organisme ini terdiri dari benang-benang hifa yang tidak bersekat (senositik) sehingga memiliki banyak inti, dan dinding selnya sendiri terdiri dari selulosa. Semuanya bersifat  heterotrofik, baik parasit ataupun saprofit Ada 580 tipe yang merupakan pengurai, tetapi ada yang merupakan parasit contohnya Saprolegnia hidup di badan ikan dan membentuk
selaput. Beberapa jamur air menjadi patogen pada tumbuhan seperti jamur air (Plasmpora viticula) yang menjadi patogen pada buah anggur dan Phytopthora infestan yang menyebabkan penyakit busuk layu pada tomat dan kentang. jamur air bereproduksi secara aseksual dengan membentuk spora dan secara seksual dengan penyatuan gamet jantan dan betina.

B. Jamur Lendir (Myxomycota)
Organisme ini umumnya berpigmen terang, kuning atau jingga semuanya heterotrofik. Jamur lendir hidup bebas dan bentuknya seperti amoeba. Jamur lendir merupakan predator fagosit yang menelan bakteri, hama, spora, dan komponen organik lain.Disebut lendir karena jika kelaparan maka akan bergabung dan mengeluarkan lendir agar dapat bergerak pindah ke lingkungan yang nyaman atau lingkungan yang menguntungkan.Contoh dari jamur lendir adalah Dictyostelium discoideum (disebut juga dengan social amoeba).

Artikel Terkait:

Artikel Terkait



0 comments:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Post a Comment

Next Prev home
Share this page: