Translete di sini
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, September 12, 2010

Monera

Kata monera berasl dari bahasa yunani moneres yang berarti tunggal. Monera adalah makhluk hidup yang hanya memilki satu sel. Makhluk hidup yang hanya memiliki satu sel disebut juga organisme uniseluler. Monera merupakan organisme prokariotik, karena tidak memiliki membran inti sel, mempunyai nukleoid(bagian sel yang mengandung DNA), dan belum memilki organel bermembran, seprti mitokondria, kloroplas,  dna badan Golgi. Dinding selnya terbuat daripeptidoglikan.
Monera merupakan salah satu dalam klasifikasi makhluk hidup. Dalam sistem klasifikasi 6 kingdom, kingdom monera dipecah menjadi dua menjadi archaebacteria(archaea) dan eubacteria(bakteri).
Kelompok yang paling primitif, archaebacteria, saat ini mulai terbatas keberadaannya Namun, tetap dapat ditemukan di tempat-tempat tertentu yang ekstrem sepeti sumber air panas, di rawa-rawa dan danau yang kekurangan oksigen, dan air dengan kadar garam tinggi.
Perbedaan archaeabacteria dan eubacteria adalah:




PERBEDAAN EUBACTERIA ARCHAEBACTERIA
KEPEMILIKAN PEPTIGOLIKAN PADA DINDING SEL PUNYA TIDAK PUNYA
PROTEIN RIBOSOM DAN RNA PLIMERASE BERBEDA DENGAN MILIK ORGANISME EUKARIOTIK SAMA DENGAN MILIK ORGANISME EUKARIOTIK
KEPEMILIKAN INTRON PADA GENTIDAK PUNYAPUNYA
 Selain itu membran plasma eubacteria tersusun dari jenis lipid yang berbeda dengan milik archaebacteria.
Oleh karena ukurannya yang kecil dan kemampuannya untuk bereproduksi dengan sangat cepat, anggota kingdom monera menjadi makhluk hidup yang paling melimpah di bumi.
Bakteri dapat di temui hampir disetiap jenis lingkungan, mulai dari dasar laut, dalam batuan karang, dan daratan. Pada sebuah meteor Martian yang berusia lebih dari 3 miliar tahun yang lalu, ditemukan struktur seperti bakteri. Jika hal tersebut benar-benar fosil, makadiperkirakan bakteri telah hidup di Bumi dan Mars. Namun, hal tersebut masih harus diteliti lebih lanjut.
Baca Juga:










Artikel Terkait:

Artikel Terkait



0 comments:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Post a Comment

Next Prev home
Share this page: